Beli Emas

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas Batangan dan Harga Cincin Emas

faktor yang mempengaruhi harga emas
Written by admin

Harga emas batangan dan cincin emasĀ menjadi salah satu tolak ukur nilai ekonomi di dunia. Tak hanya itu, emas juga sudah menjadi alat investasi emas yang banyak dipilih karena nilai jualnya yang pasti dan menjanjikan. Meskipun harga emas batangan juga terkadang mengalami penurunan yang jauh dari prediksi, tetap saja emas lebih menjanjikan dari pada hanya mengandalkan tabungan untuk investasi. Bagi anda yang berminat untuk mulai berinvestasi emas sebaiknya harus mengetahui bagaimana kestabilan harga emas batangan. Tak hanya terus mengikuti perkembangan harga emas, anda juga wajib mengetahui hal-hal atau faktor apa yang mempengaruhi naik turunnya harga emas.

FaktorĀ  yang Membuat Harga Emas Batangan Menjadi Naik atau Turun:

  1. Nilai Tukar Dolar

Bagi masyarakat awam yang tidak begitu mengetahui banyak hal mengenai efek negatif dari meningkatnya nilai dollar mungkin tidak akan merasakan dampaknya. Namun bagi investor emas, nilai tukar dollar adalah salah satu hal penting yang harus diamati setiap harinya. Karena nilai tukar dolar amerika sangat mempengaruhi naik turunnya harga emas. Dimana, jika nilai dolar amerika sedang turun maka harga emas batangan berarti akan naik. Sebaliknya jika nilai dolar amerika sedang naik maka sebaiknya tunda dulu keinginan anda untuk menjual emas karena itu berarti harga emas sedang turun. Maka dari itu, sebaiknya anda rajin-rajin mengikuti berita tentang ekonomi dunia sehingga anda bisa tahu bagaimana nilai tukar dolar amerika saat itu.

  1. Banyaknya Stok Emas Di Dunia

Sama seperti jual beli barang-barang pada umumnya, harga emas juga dipengaruhi oleh banyaknya jumlah emas di pasaran. Jika stok emas di pasaran melimpah maka harga emas juga akan turun. Tetapi jika permintaan emas di pasaran meningkat, sementara stok emas menipis maka harga emas akan meningkat pesat. Karena itu berarti akan memperberat kerja para penambang emas. Para penambang emas harus menggali lebih dalam lagi untuk memenuhi permintaan pasar. Nah, untuk menanggulangi turunnya harga emas batangan karena banyaknya stok emas di pasaran sebaiknya anda tidak hanya menginvestasikan uang pada satu hal saja. Selain investasi emas, anda bisa juga melakukan investasi berlian, mata uang atau yang lebih meyakinkan seperti properti. Sehingga uang anda tidak akan berhenti saat harga emas batangan sedang turun.

  1. Adanya Monopoli Pembelian Emas Oleh Bank-Bank Dunia

Ada banyak bank besar atau biasa disebut dengan bank central dunia yang sudah banyak diketahui melakukan monopoli tak hanya pada nilai uang tetapi juga terhadap harga emas. Banyak pihak yang menduga jika bank-bank sentral dunia turut andil dalam kelangkaan emas di pasaran dengan menimbun emas di brankas-brankas mereka sehingga harga emas didunia mengalami kenaikan terus menerus.

Nah, 3 hal di atas sepertinya sudah cukup mewakili faktor-faktor lain penyebab naik turunnya harga emas. Bagi anda yang baru mulai berminat untuk investasi emas tidak perlu khawatir, cukup teruslah mengamati perkembangan berita ekonomi agar anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual sesuai harga emas batangan.

Cerdas Dalam Memilih Harga Cincin Emas

Harga cincin emas selalu berubah-rubah dan disesuaikan dengan kebutuhan dan modelnya. Saat ini harga cincin emas begitu bervariasi dan bermacam karena banyaknya model dan bentuk yang ditawarkan. Cincin emas memang menjadi salah satu primadona bahkan menjadi kebutuhan primer bagi seorang wanita. Lebih-lebih cincin emas tersebut digunakan untuk keperluan pernikahan atau hadiah spesial. Jadi bisa dipastikan bahwa cincin emas selalu menjadi kebutuhan yang tak ada habisnya.

Harga cincin emas sendiri mengikuti harga emas yang berlaku didunia sehingga anda bisa memilih cincin emas yang sesuai dengan keinginan anda. dan jangan takut untuk membelinya karena cincin emas juga bisa dijadikan investasi jangka panjang yang bisa dicairkan kembali dalam bentuk uang. Akan tetapi jika anda tidak cermat dalam memilih cincin emas maka harga cincin emas yang telah dibeli tidak akan bisa stabil bahkan cenderung menurun. Sehingga harus dicermati dan cerdas dalam memilih cincin emas. Berikut ini beberapa tips cerdas dalam menentukan harga cincin emas yang akan dibeli.

Menakar Nilai Karat Dalam Emas Terbaik

Nilai karat yang ada pada emas adalah salah satu faktor yang menjadikan harga emas berbeda-beda. Semakin banyak karat yang terdapat pada cincin emas tersebut semakin besar pula harga cincin emas yang harus dikeluarkan. Memperhatikan karat terhadap cincin emas haruslah dengan cermat dan teliti karena akan mempengaruhi harga yang dikeluarkan.

Nah kecermatan anda akan teruji di saat anda akan memilih karat yang ada pada emas. Semakin besar karat semakin sedikit kandungan logam lain dalam cincin tersebut begitu juga sebaliknya. Jadi ada baiknya jika cincin emas tersebut hanya digunakan sebagai aksesori maka anda bisa memilih cincin emas yang tidak terlalu banyak karat. Selain untuk mengurangi dan meminimalisir budget yang anda keluarkan penggunaan cincin emas sebagai aksesoris dirasa sudah cukup dengan hanya menggunakan emas tak lebih dari 10 karat. Beda halnya jika terdapat niatan untuk menjual kembali cincin emas tersebut atau digunakan sebagai investasi. Maka jika demikian sebaiknya anda memilih karat yang besar sehingga harga cincin emas yang anda beli tidak mudah jatuh dan bisa digunakan sebagai investasi emas.

Memperhatikan Nikel Yang Ada Pada Cincin

Nikel merupakan campuran yang kerap kali dicampur dengan emas. Kandungan yang terdapat dalam nikel pada umumnya bisa membuat iritasi pada kulit. Sehingga akan perlu dihindari penggunaannya oleh wanita yang mempunyai kulit sensitif. Oleh karena itu pastikan sebelum membeli cincin emas untuk mengetahui jenis kulit yang ada pada wanita. Jika memang kulit tersebut lebih sensitif maka sebaiknya anda membeli cincin dengan kadar emas murni yang lebih tinggi. Tentunya hal ini juga berpengaruh pada harga cincin emas.

About the author

admin

Leave a Comment