Investasi

Emas Antam Sebagai Pilihan Tepat untuk Investasi

emas antam
Written by admin

Emas antam tentunya sudah tidak asing lagi di dunia perinvestasian. Emas antam adalah emas batangan yang diproduksi oleh PT. ANTAM. Seperti kita ketahui bahwa emas termasuk logam mulia yang harganya mahal sehingga banyak orang yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas batangan. Nilai emas cenderung meningkat tiap tahunnya dan seandainya terjadi penurunan pun nilainya tidak signifikan sehingga aman untuk menjadi pilihan investasi. Kadar emas dalam emas antam biasanya mendekati 100% dan bersertifikat. Dalam sertifikat tersebut tercantum berat emas, dimensi, kadar, dan nomor serinya. Perbedaan emas antam dengan emas batangan yang lain yaitu dengan berat yang sama, dimensi emas antam lebih kecil sehingga lebih praktis dalam penyimpanan. Selain itu, emas anda mini dibuat oleh BUMN dan vendornya nasional sehingga mudah didapatkan.

Setiap jenis investasi itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan investasi emas antam. Namun, tentunya kita sebagai investor harus bijak dalam investasi termasuk memilih jenis investasi yang kekurangannya paling minimal dibandingkan dengan investasi lainnya.

  1. Kelebihan Investasi Emas Antam

  • Harga stabil

Berbeda dengan mata uang yang nilai tukarnya fluktuatif, nilai emas cenderung stabil karena nilainya tergantung dari emas itu sendiri. Selain itu, adanya inflasi yang sering membuat merosotnya harga tidak berlaku untuk investasi emas karena nilainya justru naik atau setidaknya tetap di atas nilai rata-rata inflasi.

  • Keuntungan besar

Tujuan utama investasi adalah mendapatkan keuntungan yang besar. Harga emas cenderung mengalami kenaikan tiap tahunnya. Tidak sedikit para investor yang dulu saat membeli mendapatkan harga murah, namun setelah bertahun-tahun dan kemudian menjualnya harganya sudah berlipat. Modal sesuai kemampuan

Siapa bilang kalau investasi emas antam batangan hanya bisa dilakukan oleh yang memiliki duit berlimpah? Khusus emas antam menyediakan berbagai ukuran sehingga kita bisa membeli emas sesuai dengan kemampuan budget yang kita miliki.

  • Bebas pajak

Kepemilikan emas sebagai investasi tidak dikenakan pajak. Hal ini tentunya lebih menguntungkan terutama jika dibandingkan dengan kepemilikan saham karena saham terkena pajak.

  1. Kekurangan Investasi Emas Antam

  • Risiko hilang

Sudah bukan hal baru lagi bahwa emas itu menjadi salah satu incaran para pencuri. Apabila emas disimpan di tempat yang kemanannya kurang terjamin, tidak menutup kemungkinan emas tersebut bisa hilang.

  • Investasi jangka panjang

Investasi emas ini tidak cocok bagi para investor yang ingin cepat mendapatkan keuntungan. Harga emas biasanya akan naik setelah bertahun-tahun kemudian, sehingga kalau belum lama dibeli dan ingin segera dicairkan, tentu keuntungan yang didapatkan pun masih sedikit.

  • Berdampak kecil terhadap perekonomian

Dampak investasi emas terhadap perekonomian riil cenderung kecil atau dapat dikatakan hampir tidak berdampak. Berbeda dengan keuntungan saham yang berdampak pada perkembangan perusahaan, keuntungan investasi ini hanya digunakan untuk keperluan pribadi investor emas antam.

Baca Juga:

Trading Forex Emas dengan Berbagai Keunggulan dan Kekurangannya

About the author

admin

Leave a Comment