Beli Emas

Hati-hati Kedok Tabungan Emas Indonesia Berbasis Syariah

tabungan emas indonesia berbasis syariah
Written by admin

Startup jual-beli emas online dengan berbasis sistem tabungan berbasis syariah sudah mulai bermunculan karena melihat daya jual dan beli emas kian hari semakin meningkat. Tapi kita harus lebih cermat dan hati-hati karena itu bisa saja menjadi trik tipu-tipu jual beli emas ala baru. Tidak bisa dipungkiri karena kenaikan emas dalam kurun waktu 6 bulan terakhir menukik tajam.

Pada kenyataannya sistemnya sama seperti jual-beli emas secara konvesional dan sangat mencekik para pembeli emas yang sangat mencari pembelian emas tanpa riba. Menggunakan aplikasi berbasis android dan ios untuk meyakinkan investor dan para pelanggan. Kenyataannya yang terlihat adalah saat startup tabungan emas indonesia yang ada pada saat ini adalah perusahaan jual-beli emas online berbasis syariah padahal menggunakan sistem bank konvensional, ternyata terdapat biaya margin antara harga emas asli dengan harga emas yang mereka jual. Biaya atau margin yang mereka keluarkan bisa terhitung lebih mahal dari margin tabungan emas indonesia dengan sistem bank konvensional. Masyarakat yang beragama islam atau muslim yang notabene sangat berusaha menghindari riba pun akhirnya menjadi sasaran empuk yang nyata demi melancarkan aksi mencari untung dengan kata syariah.

Ciri Startup Tabungan Emas Indonesia Berbasis Syariah Abal atau Palsu alias Tipuan.

  1. Memiliki biaya margin yang dalam kurun pembayaran 1 tahun sampai diatas 30% dari biaya emas.
  2. Mereka menggunakan trik dimana harga ongkos cetak menjadi gratis.
  3. Mereka menggunakan kata syariah didalam produknya tetapi memilik role model bisnis seperti perusahan emas konvesional.
  4. Harga emas yang dijual hampir tidak sama dengan harga emas dunia pada umumnya.Memiliki ciri khas dimana beban biaya lebih banyak ditanggung oleh pembeli serta biaya margin yang tidak masuk akal sehingga konversi emas pada setelah 1 tahun pembiayaan menjadi lebih mahal dari biaya aslinya (riba).Pembelian emas langsung dikenakan pajak yang tidak sesuai dengan PPh 22. Pajak barang berharga sesuai PPh 22 menggunakan NPWP dikenakan pajak 0,4% sedangkan tanpa NPWP dikenakan pajak sebesar 0,9%.

Kalau tidak ada data mengenai pajak tersebut, waspadalah kemungkinan itu adalah startup atau perusahaan abal-abal yang berkedok syariah. Maka daripada itu diberitahukan kepada para masyarakat untuk segera berhati-hati kepada perusahaan emas yang nakal. Bahkan ada dari perusahaan tersebut berani meregistrasikan diri ke OJK(Otoritas Jasa Keuangan) tapi menggunakan kata syariah didalam produknya. Untuk masyarakat agar lebih hati-hati dan bijak dalam memilih partner dalam berinvestasi.

Ciri Startup Tabungan Emas Indonesia Yang Berbasis Syariah

Margin pada dasarnya adalah untung untuk perusahaan itu sendiri, tapi memang ada juga perusahaan tabungan emas indonesia yang memang mengedepankan sistem syariah yang memang murni menjual emas secara transparansi tanpa tipu-tipu seperti. Biaya margin yang dibebankan pun tidak berat dan jahat, bahkan ada juga perusahaan yang tidak membebankan margin kepada pembeli. Tetapi secara transparan menulis ongkos kirim dan biaya asuransi. Karena secara hukum yang berlaku dimana benda berharga yang dijualkan seperti mobil, atau pun emas boleh di asuransikan untuk menjaga dan menjamin keamanan duabelah pihak.

  1. Margin yang tidak memberatkan pembeli dibawah 5% dalam kurun pinjaman sampai 1 tahun atau bahkan tidak membebankan margin kepada pembeli.
  2. Hanya memberikan biaya atau ongkos pengambilan emas,biaya titip emas dan asuransi.
  3.  Transparan dan tidak melebih-lebihkan sistem syariah.

Itu saja pengetahuan tentang perusahaan emas berbasis syariah yang sebetul-betulnya agar para pembeli tidak tertipu oleh perusahaan jahat abal-abal yang hanya ingin meraup untung sebesar-besarnya dan merusak ekonomi Indonesia.

About the author

admin

Leave a Comment