Investasi

Rupiah Terhadap Dolar Sedikit Lagi Tembus Rp 15.000 per 4 September 2018

Penutupan closing hari ini posisi Rupiah terhadap Dollar hari ini berada di angka Rp 14.987,00 per $1. Situasi sulit dan genting menjadi perhatian para pakar ekonomi. Kesulitan pencairan dana untuk ekspansi mulai menjadi sorotan publik. Para elit politik tetap memberikan komentar agar kita semua tetap tenang dalam menghadapi situasi perekonomian yang lagi diambang surut ekonomi dalam 5 tahun terakhir.

Banyak faktor yang mempengaruhi tikungan yang berdampak turunan tajam dari mata uang negara adidaya ini. Seperti halnya yang telah disampaikan elit politik tinggi yang selalu menyarankan agar kita untuk tetap tenang, semoga harapan yang muncul adalah para pakar ekonomi pemerintah memiliki senjata pamungkas untuk membalikan situasi dan kondisi yang ada sekarang.

dolar terhadap rupiah

Sumber:(Google.com)

Berikut beberapa hal-hal yang mempengaruhi pasang surut Rupiah terhadap mata Uang Dollar:

  1. Hutang Negara Indonesia yang kian hari kian membengkak
  2. Tingginya tingkat import negara yang sangat konsumtif dan melebihi dari APBN
  3. Permasalahan pertikaian negara lain terhadap Amerika.
  4. Dukungan lebih Pemerintah Indonesia terhadap Pemerintah Cina dari pada Amerika sebagai prioritas utama relasi dagang nomor satu di Indonesia saat ini, menurut sudut pandang elit politik yang sekarang/
  5. Ketatnya persaingan global
  6. Proses pembelian surat hutang Negara sebagai modal cadangan untuk sarana Investasi kurang diminati masyarakat menengah kebawah karena banyak masyarakat yang belum mengerti.
  7. Menurunnya tingkat kepercayaan rakyat masyarakat terhadap kinerja kerja pemerintah yang hanya menitik beratkan perkembangan dari segi infrastruktur.
  8. Musibah gempa di Lombok yang berturut-turut untuk backup dana untuk recovery.
  9. Banyak masyarakat yang beralih untuk menyimpan mata uang dollar sebagai sarana investasi dikemudian hari.
  10. Persaingan dagang antara Cina dan Amerika yang kian memanas.

Itulah tadi hal-hal yang dapat Kami rangkum untuk sementara ini sebagai acuan dasar kenapa Rupiah makin terus melemah terhadap Dollar.

About the author

admin